Wednesday, January 16, 2013

Review: Nokia Lumia 510, Turun Kelas, Untuk Versi Lawas

Nokia Lumia 510

Luncurkan produk Windows Phone 8 melalui lumia 920, bukan berarti Nokia lupakan OS Windows Phone versi lawasnya. Meski sudah diupgrade menjadi versi 7.8, Nokia Lumia 510 turun kelas di kelas menengah demi harga murah. Apa saja fiturnya?

Desain

Bentuk yang dimiliki oleh Nokia Lumia 510 tidak banyak berubah dari seri lumia di seri sekelasnya. Bentuk yang sederhana, tanpa sudut dengan bagian belakang dan menggembung membuatnya nyaman digunakan dengan satu tangan. Jika dilihat bentuknya, Hampir tidak percaya apabila produk ini dibanderol dengan harga kurang dari 2 jutaan.

Nokia 510 Body 1

Nokia 510 Body 6

Meski masuk di kelas menengah, Ia menggunakan material plastik yang membuatnya ringan. Bagian belakang merupakan back cover yang menutupi baterai dan port MicroSim. Dibuat dengan lapisan glosy agak membuatnya sedikit licin ditangan. Di seri ini nokia menawarkan dalam lima warna yakni White, Cyan, Black, Red dan Yellow pada bagian back cover, Sementara bagian muka ponsel seragam diberi warna hitam.

Nokia 510 Body 2

Nokia 510 Body 5

Nokia 510 Body 3

Nokia 510 Body 5 1

Nokia 510 Body 7

Nokia 510 Body 8

Nokia memasang port pada bagian atas dan bawah, masing-masing adalah port 3,5mm dan port microUSB. Sedangkan untuk tombol fisik ditempatka pada sebelah kanan seperti tombol volume, tombol pengunci layar dan tombol kamera.

Layar & Interface


Dengan bentangan layar 4 inchi membuat ponsel ini terbilang cukup lebar untuk sebuah ponsel layar sentuh. Apalagi membawa layar kapasitif yang responsif dan fitur multitouch yang memudahkan penggunannya.

Sayangnya Lumia 510 hanya menggunakan resolusi layar 480 x 800 pixel. Seperti digunakan pada smartphone HTC 8s yang sudah menggunakan OS Windows Phone 8.

Nokia 510 Interface

Nokia 510 Interface 1

Nokia 510 Interface 2

Untuk interface, Nokia Lumia 510 tidak menggunakan OS terbaru dari Microsotf melainkan Windows Phone 7.8.  Seperti yang Anda ketahui, pengguna Windows Phone 7 (7.0 dan 7.5) tidak dapat mengupgrade perangkatnya ke Windows Phone 8. Untuk itu Microsoft berbaik hati meluncurkan sebuah update-an baru yang disebut Windows Phone 7.8 yang interfacenya mirip dengan Window Phone 8 dan diharapan dapat menularkan kehebatan Windows Phone 8 ke perangkat-perangkat Windows Phone 7.

Berbeda dari vwrsi sebelumhya yaitu mango (7.5), di  Windows Phone 7.8 ini Microsoft akan memberikan pengalaman baru pada Homescreen, Wallpaper Bing, keamanan di Lock Screen dan 20 warna aksen untuk kustomisasi.

Nokia 510 Lockscreen

Di home screennya WP7.8 dapat merubah ukuran Live tile (kotak-kotak di Homescreen) ke tiga ukuran berbeda. Kecil, sedang dan melebar, seperti pada WP8. Pengguna WP7.8 juga bisa memanfaatkan Live Wallpaper yang akan berganti setiap saat dengan menggunakan foto-foto dari Bing.com.

Keamanan Lock Screen yang sempat disebut oleh media-media sebagai Kid’s Corner rupanya tidak ditemukan di Lumia 510. Yang hadir adalah sistem password di LockScreen, agar ponsel bisa aman dari sentuhan anak-anak dan juga ketika diletakkan dalam saku.

Hardware


Masuk di kelas yang sama, Lumia 510 membawa prosesor yang sama seperti pendahulunya yang juga dipasarkan di Tanah Air yatu Nokia lumia 610. Yaitu RAM 256 MB dan dengan clock CPU 800 MHz. Nokia sendiri memberi disclaimer di bagian About bahwa dikarenakan terbatasnya Ram-nya beberapa fitur dan aplikasi mungkin akan mengalami keterbatasan.

Nokia 510 Hardware

Nokia 510 Skor Benchmark

Anehnya meski datang belakangan, Nokia malah mengurangi memori internal pada Lumia 510 menjadi 4 GB, padahal sebelumnya pada seri Lumia 610 lumia sudah memasukan memorio sebesar 8GB. Hal ini menjadi terbatasnya pengguna dalam menyimpan file multimedia, apalagi tidak tersedia slot memori eksternal guna menambahkan memori.

Software Nokia

Nokia membawa semua aplikasi-aplikasi bawaan Nokia semisal Apps Highlight sebagai solusi bagi mereka yang kesulitan menemukan aplikasi tepat via Marketplace. Atau Nokia Maps yang lebih Indonesia ketimbang map-map dari vendor lain.

Nokia 510 Maps

Nokia 510 Apps Highlights

Kehadiran aplikasi-aplkasi kustom bawaan Nokia cukup memberi nuansa ‘lokal’ yang membuatnya lebih dapat diterima pengguna Windows Phone Tanah Air.

Konektivitas


Selain Bluetooth di ponsel ini juga menyediakan koneksi kabel data dengan menggunakan kabel microUSB. Sayangnya tidak seperi di Windows Phone 8, yang sudah mendukung PC Windows dapat mengenal ponsel sebagai mass storage, di versi 7.8 kita akan kesulitan berbagi foto dan musik. Anda masih harus menggunakan aplikasi Zune guna melakukan sinkronisasi.

Nokia 510 Bluetooth

Nokia 510 Zune

Sementara hadirnya HSDPA dan WiFi sudah cukup dapat mengakonodasi pengalaman berinternet penggunanya. Saat kami gunakan untuk berinternet, baik browser dan koneksi data dapat berjalan dengan sempurna .

Kamera

Dengan kamera 5 megapiksel tanpa lampu flash LED, kamera Nokia Lumia 510 hanya mengandalkan akselerasi optik lensa dalam mengakomodasi cahaya masuk. Dan itu bukanlah kabar yang menyenagkan, terutama untuk pengambilan gambar di kondisi minim cahaya. Untungnya didalamnya masih ada fitur Autofocus dan Geo-tagging

Nokia 510 Kamera

Hilangnya kamera depan menjadi efek negatif yang bagi pengguna yang ingin memilikinya. Dengan ketiadaan kamera tersebut cukup menyakitkan bagi mereka yang super narsis.  Atau setidaknya akan mengurangi kemungkinan kita menggunakan fitur video chatting pihak ketiga.

Kesimpulan


Jika budget Anda masih belum tercapai untuk menggunakan HTC 8s yang sudah menggunakan Windows Phone 8, mungkin Anda dapat beralih untuk memiliki ponsel ber-OS WP 7.8 di Nokia Lumia 510 yang lebih murah. Sayangnya harga murah ini harus dibayar mahal dengan minimnya kapasitas memori. Padahal seri sebelumnya sudah memiliki memori yang lebih besar dua kali lipat. Meski sulit untuk dikatakan mendekati Windows Phone 8, nyatanya update-an OS 7.8 milik 510 sudah membawa sejumlah perubahan. Terutama di sisi personalisasi display.

@sanusiahmad
@tabloidpulsa


KELEBIHAN:
- Harga terjangkau
- Update OS 7.8
- Aplikasi Office siap pakai
- SkyDrive
- HSDPA
- WiFi
- Aplikasi-aplikasi Nokia

KEKURANGAN:
- Konektivitas terbatas
- Masih bergantung pada Zune
- Tidak ada slot MicroSD
- Memori terbatas

{ponsel}3369{/ponsel}

]]>

View the original article here

Terkait

Description: Review: Nokia Lumia 510, Turun Kelas, Untuk Versi Lawas Rating: 4.5 Reviewer: Blogger ItemReviewed: Review: Nokia Lumia 510, Turun Kelas, Untuk Versi Lawas
Al
Mbah Qopet Updated at: 8:12 PM

0 comments:

Post a Comment