Wednesday, January 16, 2013

Review: HTC 8s, WP 8 Kelas Menengah, Harga Lebih Murah

HTC WP 8S 1

HTC tidak hanya luncurkan ponsel Windows Phone untuk kelas atas, tapi mereka juga punya untuk pengguna kelas menengah. Adalah HTC Windows Phone 8s yang menjadi produk dikelas ini. Apa saja fiturnya? Dan bagaimana kemampuannya?

Desain

Dari bentuknya 8s memiliki bentukan yang mirip dengan HTC Windows Phone 8x. Masuk sebagai kelas dibawahnya 8s menggunakan bahan material yang tidak sekokoh 8x, baik pada bahan pelapis layar maupun pada bagian belakang, termasuk backcover mini yang diberi aksen karet di ujung bawah bagian belakang. Hal ini membuat 8s lebih ringan lebih ringan dan pas sebagai sebuah ponsel. Namun meski mengurangi kualitas bahan, kesan glamour masih nampak.

HTC 8S Body 1

HTC 8S Body 7

HTC 8S Body 9

Dibagian bawah belakang HTC menyembunyikan beberapa port di bagian bawah belakang. Jika dibuka penutupnya Anda akan melihat slot micro SIM dan micro SD card.

HTC 8S Body 3

HTC 8S Body 2

HTC 8S Body 4

HTC 8S Body 5

HTC 8S Body 6

HTC 8S Body 8

Seperti pada 8x, dibagian depan selain layar, 8s memasang tiga tombol semisal sentuh, yakni tombol back, tombol start menu dan search. Jika tombol back ditekan agak lama maka aktifitas Anda sebelumnya akan terlihat atau bisa dibilang sebagai tombol multitasking. Untuk tombol volume dan tombol kamera, HTC memasangnya di sisi kanan HTC tidak memasang apapun.


Layar dan Interface

Tidak hanya bahan material yang mengalami perubahan, namuan luas layar dan resolusi juga mengalami hal yang sama. Jika pada 8x menggunakan luas layar 4.3 inchi,  di 8s dikurangi menjadi 4.0 inchi. Tidak hanya itu resolusinya juga terjadi pengurangan menjadi  480 x 800 pixels, padahal 8x mendapatkan resolusi 768 x 1280 pixel.

Untungnya pengurangan ini tidak begitu signifikan karena saat mengakses layar beresolusi seperti ini, masih baik saat digunakan untuk melihat hasil foto, menonton video maupun ngegame. Setidaknya masih lebih bagus dari ponsel-ponsel lawas.

 

HTC 8S Layar Interface 2

HTC 8S Layar Interface 1

HTC 8S Layar Ineterface 2

Menggunakan OS Windows Phone 8,  Windows Phone 8s punya memiliki interface yang sama dengan produk Windows Phone 8 lain. Seperti halnya 8x, ponsel ini tidak banyak membawa kustomisasi lokal seperti pada Nokia Lumia 920. HTC hanya mengandalkan HTC Apps. Itu pun tidak banyak berpengaruh pada interface.

Fitur dual lock screen, yakni Kid’s Corner tetap hadir sebagai salah satu fitur bawaan Windows Phone 8. Dimana Anda bisa berbagi konten dengan anak-anak Anda, agar tidak ada lagi kejadian mereka menghilangkan daftar kontak saat bermain game ponsel, atau mengirimkan pesan tidak jelas kepada atasan kita.

Seperti halnya Windows Phone 8 lain, kini kita bisa berbagi file MP3 dan foto via Bluetooth dengan pengguna ponsel lain. Atau WiFi Direct, terserah Anda. Dan juga kemampuan screen shot bagi mereka yang ingin pamer personalisasi.

Untuk kostumisasi dari sisi interface,  di Windows Phone 8 tidak banyak yang bisa kita lakukan. Hanya mengganti gambar di lock screen, mengganti warna dasar dari gelap ke terang, dan memberi warna pada live tile.

Hardware

Menjalankan OS dari Microsoft HTC Windows Phone 8s didukung dengan prosesor inti ganda 1GHz Krait. Ini merupakan prosesor model paling mumpuni dari keluarga chipset Snapdragon. Sayangnya kinerjanya tidak ditunjang oleh RAM yang mumpuni. karena beberapa video dengan resolusi tinggi atau setidaknya di atas resolusi layar, tidak sempurna dijalankan. Ketika gambar bisa tertampil jelas dan halus, justru suara yang bermasalah.

 

HTC 8S Hardware

Hal serupa juga kerap dialami saat mengakses game dan fitur-fitur yang membutuhkan memori virtual yang cukup besar. Termasuk pada saat membuka browser. Rupanya di sisi ini kita harus sedikit bersimpati pada 8s, jangan membebani ponsel ini dengan banyak tugas berat.

Sebagai penilaian, PULSA melakukan perbandingan dengan menggunakan aplikasi Antutu dan WP Benchmark-Speed. Kami bandingkan dengan beberapa smartphone ber-OS Windows Phone 8 yang sudah terlebih dahulu menyapa pasar Indonesia, yaitu HTC Windows 8x dan Nokia Lumia 920.

HTC 8S Hardware 1 Antutu Benchmark

HTC 8S Hardware 2 WP BEnch Speed

HTC 8S 13 Antutu Bm

HTC 8S WP Benchmark 920

HTC 8S WP Benchmark HTC 8x

Anda bisa melihat perbandingan WP Benchmark tehadap kinerja ponsel ini.

Perbandingan Skor

Software

Secara tidak langsung sejumlah fitur sudah disebutkan di bagian interface, karena sejatinya 8s adalah ponsel Windows Phone 8 dengan aplikasi-aplikasi bawaan yang sama. Hanya saja yang perlu ditekankan adalah masalah keterbatasan aplikasi yang tersedia. Belum lagi masalah perbedaan konten yang dijual di beberapa region store yang berbeda.

Untuk memaksimalkan produk ini dengan aplikasi, setidaknya Anda bakal butuh 3 akun yang aktif di 3 region berbeda. Meskipun secara syarat dan ketentuan yang ditetapkan Microsoft, cara ini termasuk ilegal.

 

HTC 8S News

HTC 8S Musik Player 2

HTC 8S Photo Enhancer

HTC 8S Software 2

HTC 8S Xbox

HTC 8S Xbox 2

HTC 8S Store 2

Sayangnya HTC tidak melakukan apa yang dilakukan oleh Nokia. Dimana Nokia mampu menyediakan pasar ‘lokal’ dan aplikasi-aplikasi kustom agar pengguna di Indonesia tetap mendapatkan aplikasi terbaik tanpa perlu berpindah-pindah region (akun).

Selain aplikasi dari Windows Phone 8 dan aplikasi yang bisa Anda download di market share, HTC juga memiliki mengandalkan HTC apps yang terdiri dari HTC for WP8 (weather, stocks, news), Connection Setup, Converter, Flashlight, Make More Space, dan Photo Enhancer. Anda akan terbiasa jika sering berhadapan dengan produk HTC lain.

Kamera

Membawa kamera dengan resolusi 5 megapiksel, 8s punya fitur yang terbilang mumpuni mulai dari autofokus, geo-tagging sampai face detection. Soal setingan kamera, 8s punya setingan kamera yang sama dengan Windows Phone 8 lain. Artinya Anda masih dapat mengatur ISO, White Balance, Saturation dan sebagainya. Hanya saja tetap tanpa Panorama dan HDR yang mana nampaknya akan menjadi standar kamera ponsel Android dan iOS teranyar.

Dengan kamera tersebut, foto yang dihasilkan cukup baik namun tidak bisa juga dibilang istimewa. Pasalnya lensa kamera tidak begitu akurat menerjemahkan warna, terutama jika Anda memotret tanpa flash. Terutama untuk Anda yang narsis dan hobi memotret diri sendiri, Anda tidak dapat melakukan ini dengan sempurna karena ketiadaaan kamera depan.


KESIMPULAN

Untuk Anda yang memiliki budget yang tidak banyak mungkin 8s bisa menjadi pilihan jika Anda tetap perkeinginan menggunakan OS Windows Phone 8. Masuk pada jajaran kelas menengah memaksa HTC harus melakukan pemangkasan beberapa fitur yang cukup signifikan. Mulai dari pemilihan material , mengurangi spek hardware yang berpengaruh pada kinerja, hingga hilangnya jaringan LTE. Meski sebenarnya jaringan ini masih belum tersedia di Indonesia.

@sanusiahmad
@tabloidpulsa


KELEBIHAN:
- Windows Phone 8
- Ergonomis
- Tidak lagi memerlukan Zune untuk sinkronisasi file
- Aplikasi Office siap pakai
- SkyDrive
- Ada slot MicroSD
-    
KEKURANGAN:
- RAM kurang maksimal
- Resolusi layar kecil
- Kamera bukan yang terbaik

 

{ponsel}3346{/ponsel}

]]>

View the original article here

Terkait

Description: Review: HTC 8s, WP 8 Kelas Menengah, Harga Lebih Murah Rating: 4.5 Reviewer: Blogger ItemReviewed: Review: HTC 8s, WP 8 Kelas Menengah, Harga Lebih Murah
Al
Mbah Qopet Updated at: 8:16 PM

0 comments:

Post a Comment