Wednesday, January 16, 2013

Review: Acer Cloud Mobile S500, Spesifikasi Tinggi, Layanan Cloud Sudah Terintegrasi

Acer Cloud Mobile S500

Tidak perlu budget yang mahal untuk mendapatkan spesifikasi kelas atas, karena Acer menjawabnya melalui smartphone terbarunya, yaitu Acer Cloud Mobile S500. Sehebat apa sih spesifikasinya?

Desain

Cloud Mobile memiliki bentuk yang lebih mirip dengan seri Liquid. Meski menggunakan bahan plastik sebagai bahan utama pembuat bodinya, Cloud Mobile terasa masih terasa solid ketika digenggam.

Menggunakan kontur membulat setiap sikunya, dan sedikit aksen logam di kedua bagian tersebut, ini membuat Cloud Mobile terkesan berkelas.

Acer S500 Body 1

Acer S500 Body 7

Acer S500 Body 10

Di bagian belakang, Cloud Mobile menggunakan tekstur berupa karet dengan pola titik-titik. Ini akan membuat rasa yang lebih kesat dan tidak mudah selip saat digenggam.

Cloud Mobile tidak memiliki tombol fisik dibagian depan, Ia hanya bergantung pada area layar dan 3 buah tombol virtual kontrol utama (back, home dan recent apps).

Acer S500 Body 3

Acer S500 Body 2

Acer S500 Body 4

Acer S500 Body 5

Acer S500 Body 6

Acer S500 Body 8

Acer S500 Body 9

Dibagian atas terdapat tombol power/lock dan port audio jack 3.5mm sedangkan di bagian kanan terdapat volume rocker volume dibawah menempatkan lubang mic dan di sebelah kiri terdapat port microUSB.

Display

Meski masuk sebagai ponsel kelas menengah Cloud Mobile sudah dibekali layar kelas atas. Yaitu layar dengan resolusi definisi tinggi (HD).

Sayang ponsel ini hanya memiliki layar seluas 4,3 inchi. Beruntungnya dengan layar yang lebih kecil otomatis tampilannya memiliki tingkat kepadatan piksel yang lebih baik. Oleh karenanya, ponsel ini mampu menampilkan gambar dengan ketajaman yang sangat baik. Kualitas kecerahan dan saturasi warna layar Cloud Mobile juga cukup memuaskan. Bahkan saat dilihat dari beberapa anggle.

Acer S500 Display 1

Acer S500 Display 2

Acer S500 Display 3

Acer S500 Display 4

Acer S500 Display 5

OS dan UI

Lockscreen nampak beda sengan ICS standart, karena secara default menggunakan mekanisme slide untuk membuka layar dan tersaji dengan efek animatif menarik serupa pintu geser bersekat.

Acer S500 OS

Acer S500 Home

Acer S500 Menu 1

Acer S500 Menu 2

Acer S500 Menu 3

Sayangnya di tampilan homescreen lebih terasa standar dengan 5 panel dan 4 ikon shortcut yang mendampingi ikon app drawer di layar bagian layar. Ikon shortcut tersebut juga bisa digantikan dengan folder jika diperlukan. Disana tidak terdapat leapview untuk menampilkan seluruh panel homescreen pada ponsel ini.

Acer S500 Screenshot 2012 12 25 13 13 15

Acer S500 Screen Unlock Process 1

Acer S500 Screen Unlock Process 3

Acer S500 Widget

Yang paling tidak biasa adalah notification tray yang tersaji dalam 4 panel yaitu pengaturan suara, notification, setting dan alarm.
Sedang menu utama atau app drawer tampil seperti bawaan Android ICS namun dengan efek animatif ketika bepindah halaman.

Acer S500 Notif Tray 1

Acer S500 Notif Tray 2

Acer S500 Notif Tray 3

Hardware

Acer sepertinya tidak main-main untuk ponsel kelas menengah ini, tidak hanya layar kelas atas yang dipasang, prosesornya pun juga biasa digunakan pada ponsel kelas high end. Yaitu Proseor dualcore Krait bebasis ARM Snapdragon S4.

Acer S500 Hardware 1

Acer S500 Hardware 2

Acer S500 Hardware 3

Acer S500 Hardware 4

Acer S500 Hardware 5

Acer S500 Hardware 6

Prosesor ini merupakan salah satu yang terbaik dikelas dualcore. Dengan hardware ini, Cloud Mobile mampu menunjukkan kinerja memuaskan ketika dalam pengujian PULSA. Sayangnya ini menjadi poin negatif pada daya baterai yang tergolong kecil. Terlebih Ia juga terbebani dengan dukungan layar dengan resolusi HD.

Acer Cloud

Salah satu keunggulan yang disediakan oleh Acer adalah pada dukungan layanan cloud yang terintegrasi ke dalam sistemnya. Layanan bernama Acer Cloud mampu mensinkronisasikan beberapa tipe file antar komputer utama yang disebut Cloud PC dan hingga 32 perangkat tambahan yang juga mendukung layanan ini.

Acer Cloud 1

Acer Cloud 2 1

Acer Cloud 3


Caranya pengguna perlu menginstall software yang bisa diunduh gratis di alamat www.cloud.acer.com pada komputer utama untuk menggunakan layanan ini. Lalu file seperti foto, video dan musik yang tersimpan pada komputer tersebut bisa diakses dari setiap perangkat yang terhubung ke akun Acer Cloud yang sama.

Acer Cloud 4 1

Acer Cloud 5

Namun beberapa tipe file yang umumnya berukuran besar seperti musik dan video tidak tersimpan secara fisik di server acer, artinya ketika diakses pengguna haus melakukan streaming langsung dari komputer utama, sehingga dibutuhkan koneksi yang mumpuni baik untuk perangkat yang terhubung maupun komputer utama. Tidak hanya itu  komputer utama harus dalam keadaan menyala.

Konektifitas dan Browser


Ponsel ini mendukung jaringan data maksimal 3G dan pilihan wifi dengan kapabilitas hotspot yang merupakan hal umum bagi perangkat Android terkini.

Acer S500 Konektivitas 1

Acer S500 Konektivitas 2

Browsernya menggunakan bawaan khas ICS. Browser ini memiliki sejumlah fitur seperti multi tab browsing, Save for offline reading, dan dukungan terhadap konten berbasis flash.

Acer S500 Browser 1

Acer S500 Browser 2

Acer S500 Browser 3

Kamera

Pada fitur kamera Cloud Mobile tidak hanya memiliki resolusi kamera yang tinggi tetapi juga menghadirkan sejumlah fitur seperti 14 pilihan efek, continious shooting, panorama, HDR, dan pengaturan standar seperti resolusi, white balance, ketajaman, kecerahan, saturasi dan kontras.

Acer S500 Kamera 1

Acer S500 Kamera 2

Acer S500 Kamera 3

Acer S500 Kamera 4

Acer S500 Kamera 5

Acer S500 Kamera 6

Perekam video juga tak kalah karena pilihan untuk merekam video dalam resolusi full HD juga sudah tersedia. Tersedia pula sejumlah efek lucu dalam pilihan live efek, yang termasuk diantaranya pengguna bisa merekam objek orang dan memberinya efek seperti mulut yang besar atau mata yang berukuran kecil.

Acer S500 Kamera 7

Acer S500 Kamera 8


Hasil Kamera

Acer S500 Kamera Efek Mono Red

Acer S500 Kamera Outdoor Normal

Acer S500 Kamera Indoor

Benchmark

Aplikasi yang digunakan: Quadrant Standard Edition oleh Aurora Softwork dan Antutu Benchmark v3.0.3 oleh Antutu
Cloud Mobile mendapatkan skor 5583 saat ditest menggunakan aplikasi Quadrant dan sedangkan skor 9686 dihasilkan pada aplikasi Antutu. Angka ini merupakan salah satu yang tertinggi untuk kelas dualcore.

Acer S500 Benchmark Antutu

Acer S500 Benchmark Quadrant

Kelebihan

• Dual-core 1.5 GHz Krait
• Acer Cloud
• Kamera 8MP dengan perekam video full HD
• Layar HD

Kekurangan

• Android masih ICS
• Tidak cukup ringkas (compact)

Kesimpulan

Didukung dengan prosesor kelas atas, Acer Cloud Mobile berhasil menunjukkan performa yang baik untuk menunjang Android ICS yang dijalankan. Sayangnya, Ia belum menggunakan OS Android terbaru yaitu Android Jelly Bean. Sampai saat ini bahkan Cloud Mobile sendiri belum memiliki kepastian akan update Android versi 4.1.1 tersebut. Dengan banderol ponsel dikelas menengah, Anda akan mendapatkan spesifikasi kelas atas, oleh karenanya Acer Cloud Mobile S500 merupakan pilihan yang cerdas. (@yuanzroc/@ilham_putranto)

{ponsel}3356{/ponsel}

]]>

View the original article here

Terkait

Description: Review: Acer Cloud Mobile S500, Spesifikasi Tinggi, Layanan Cloud Sudah Terintegrasi Rating: 4.5 Reviewer: Blogger ItemReviewed: Review: Acer Cloud Mobile S500, Spesifikasi Tinggi, Layanan Cloud Sudah Terintegrasi
Al
Mbah Qopet Updated at: 7:52 PM

0 comments:

Post a Comment