Wednesday, January 16, 2013

Review: Lenovo ThinkPad Edge E430, Laptop Kece Performa Oke

Lenovo Thinkpad Edge E430 Body 1

Lenovo perkenalkan notebook untuk memenuhi kebutuhan komputasi dan preferensi dari segmen pasar usaha kecil dan menengah (UKM) dan relationship (pendidikan, pemerintahan, dan perusahaan besar), dengan seri Lenovo ThinkPad Edge E430. Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

Design

Berangkat dari desain tradisional ThinkPad, ThinkPad Edge E430 menggunakan material plastik dengan warna hitam dof. Dibagian ujung covernya dihiasi dengan list aluminum. Sehingga desain yang digunakan nampak tidak terlalu kuno dengan membawa ciri khas dari ThinkPad itu sendiri, namun masih terbilang “kece” alis keren.

Cangkang atas Lenovo dihiasi dengan logo berwarna perak ditempatkan di sudut kanan bawah. Menariknya pada logo ThinkPad Anda dapat menemukan huruf "i"  dengan titik yang akan menyala saat notebook dalam modus siaga.

Lenovo Thinkpad Edge E430 Body 3

Lenovo Thinkpad Edge E430 Body 4

Lenovo Thinkpad Edge E430 Body 5

Lenovo Thinkpad Edge E430 Body 6

Lenovo Thinkpad Edge E430 Body 9

Lenovo Thinkpad Edge E430 Body 10

Dibawah cangkang E430 akan terlihat dek keyboard. Dibagian atas dek keyboard, Lenovo hanya menempatkan tombol power yang terdapat di sudut kiri atas . Di pojok kanan bawah dek, Lenovo juga menambahkan satu logo ThinkPad seperti diatas cangkang. Namun bedanya didekatnya terdapat tulisan “Edge” yang menjorok kedalam. Didalam keyboard Lenovo tidak lupa memasukan pointer merah, tombol klik, fingerprint reader dan ClickPad yang menjadi  ciri khas dari seri ThinkPad.

Memiliki ukuran dimensi yang terbilang standart Lenovo ThinkPad Edge E430 ini setara dengan produk pendahulunya, seperti ThinkPad Edge E420. E430 Edge juga memiliki dimensi yang hamper sama dengan Acer Aspire TimelineX 4830TG-6808.

Display and Audio

E430 memiliki ukuran layar 14.1 inchi dengan resolusi maksimal 1366 x 768 piksel menggunakan layar jenis anti-glare matte menawarkan gambar yang tajam tetapi tidak terlalu terang. Memiliki tingkat brightness 176 lux jauh di bawah  rata-rata cahaya standart yaitu 201 lux. Seperti pada Acer 4830TG adalah yang sedikit lebih baik, dengan tingkat brightness 186 lux.

ThinkPad Edge E430 memiliki speaker stereo, yang ditempatkan di lokasikan di bagian depan sisi bawah. Namun meski begitu Ia masih memiliki kemampuan yang powerful untuk sebuah laptop dikelas Small business. Saat digunakan untuk mendengarkan lagu linkin park “Numb”, setiap bass yang ditampilkan terdengar bersih tanpa adanya distorsi. Termasuk didalamnya terdapat Software Dolby Advanced Audio 2 software yang menjadi keunggulannya.

ThinkPad Edge E430 mencakup semua port dan colokan yang dibutuhkan. Di sisi kiri terdapat port VGA, USB 2.0 slot, HDMI port dan dua port USB 3.0. Di sisi kanan, ada Ethernet jack, tray-loading optical drive, port USB 2.0 yang dapat mengisi daya perangkat meski saat keadaaan sleep dan kombinasi audio dan microphone jack. Di depan dilengkapi dengan 4-in-1 media card reader.

Keyboard, Pointing Stick, Touchpad dan Fingerprint Reader

Keyboad Lenovo telah dianggap menjadi keyboard yang terbaik dalam bisnis ini, berkat jarak antar tutsnya yang nyaman dan responnya yang terbilang cepat. Dilengkapi dengan kemampuan yang tahan terdapat tumpahan air, dan bentuk keyboard yang menyerupai sebuah pulau sehingga memberikan kenyamanan secara keseluruhan.

Saat digunakan untuk mengetik dengan sepuluh jari, keybord dapat merespon dengan sempurna. Dari 80 kata per menit yang dilakukan kami hanya mendapatkan tingkat kesalahan 3 persen.

 

Lenovo Thinkpad Edge E430 Body 2

TrackPoint karet, trackpad dengan tombol klik dan tombol scrolling terbukti akurat dan responsif seperti biasa. Sehingga memungkinkan untuk menggunakannya dengan cepat pada masing-masih transisi bai saat mengetik dan mengendalikan pointer di layar dan kembali tanpa harus mengangkat tangan kita dari keyboard.

UltraNav clickpad bertekstur milik Lenovo juga terbilang. Gerakan multitouch bekerja dengan baik, meski kadang kami harus melakukannya beberapa kali supaya lebih sempurna, seperti menggunakan fungsi tiga jari untuk menavigasi galeri gambar. Dua-jari untuk scrolling dan pinch-to-zoom.

ThinkPad Edge E430 dilengkapi Pembaca sidik jari sehingga mudah untuk diatur, dan dapat diatur untuk membuka situs web tertentu atau aplikasi dengan sapuan jari. Kita juga bisa mengatur pembaca untuk login ke website supaya lebih aman, serta log on ke Windows.

Lenovo Thinkpad Edge E430 Body 7

Webcam dan  Video conferencing

Edge E430 berkualitas terang HD 720p yang dapat digunakan sebagai webcam, meski gambar nampak sedikit kasar. Ketika kami mencoba menggunakan webcam dalam pengaturan gelap, kualitas gambar menghasilkan banyak noise.

Untuk membantu meningkatkan kualitas suara saat chatting, Lenovo E430 dilengkapi dengan teknologi noise cancellation. Lenovo mengatakan mikrofonnya mampu  digunakan untuk diluar ruang sehingga memungkinkan mempermudah pengguna untuk beralih antara modus konferensi.  

Performa

ThinkPad Edge E430 datang bersama prosesor generasi kedua (Sandy Bridge) 2.5-GHz Intel Core i5-2540M. Dengan RAM 4GB dan media penyimpanan 500GB, 7.200-rpm.

Saat ditest menggunakan aplikasi PCMark 07, Lenovo ThingPad Edge E430 mampu mendapat score 2128 dari performa semua lini.  Dengan angka ini membuatnya sedikit lebih baik 200 point dari Acer Aspire TimelineX 4830TG-6808, yang memiliki CPU yang sama.

 

Lenovo Thinkpad Edge E430 Spmark2

Kami juga mengukur panas dengan melakukan streaming full-screen pada sebuah video berdurasi sekitar 15 menit, TouchPad pada ThinkPad Edge E430 hanya mencapai 79 derajat tingkat panasnya, dan disekitar keyboard mencapai 80 derajat. Sedangkan pada bagian yang paling panas adalah pada bagian bawah, yang mencapat tingkat panas mencapat 83 derajat. Namun meski begitu ini masih tergolong baik, karena masih dibawah 95 derajat untuk tngkat kenyamanan.

Ujung E430 juga berhasil melakikan booting yang terbilang cepat, yaitu sekitar 45 detik dibandingkan dengan rata-rata kategori dengan kelas laptop yang sama yaitu sekitar 57 detik.

Battery Life

ThinkPad Edge E430 menggunakan baterai lithium ion 6-cell 62WH yang menyediakan banyak daya tahan untuk para pekerja mobile.  Kami menguji ketahanan baterai dengan menggunakannya untuk surfing secara terus menuerus dengan display brightness mencapai 40 percent. Pada pengujian ini Edge E430 mampu bertahan hingga hampir 7 jam.



Lenovo ThinkPad Edge E430 dilengkapi dengan beberapa software utilitas. Seperti, Power Controls yang memungkinkan Anda mengoptimalkan pengaturan daya sistem Anda, dan Enhanced Backup and Restore dan Airbag Protection, yang mampu mematikan hard drive ketika jatuh atau kerusakan lainnya. Selain itu, E430 juga memiliki fitur SimpleTap tool Lenovo, yang menyediakan Anda dengan akses cepat ke fitur notebook lainnya, website dan aplikasi dengan tapping dua jari yang diberinama ClickPad.

 

Lenovo Thinkpad Edge E430 Lenofo Solution Centre

Lenovo RapidBoot dan fitur RapidBoot Shield mampu membantu kecepatan system booting speed dengan memaksimalkan RAM di E430
Ada juga software InstantResume yang mampu membatu pengguna menyambung kembali ke Web dengan cepat ketika mengambil laptop keluar dari modus sleep. Lenovo mengatakan fitur ini secara terus menerus men-scan koneksi Wi-Fi, memungkinkan sistem untuk terhubung ke web dalam waktu kurang dari dua detik ketika kembali online.

Salah satu fitur yang paling berguna Lenovo adalah Software HotSpot Mobile. Program ini memungkinkan pengguna mengkonfigurasi E430 untuk bertindak sebagai hotspot Wi-Fi. Sehingga dapat berbagi koneksi Internet hingga lima orang. Fitur ini bekerja dengan menghubungkan Lenovo ke hotspot yang tersedia, kemudian menetapkan software Hotspot Mobile untuk penyiaran sinyal nirkabel untuk rekan kerja atau teman-teman. Dan karena Lenovo memungkinkan Anda mengatur jaringan SSID dan password Anda sendiri agar lebih aman.

Software lainnya adalah  trial 30-hari Norton Internet Security, 5GB penyimpanan online gratis melalui SugarSync dan Streamer Splashtop.

Kesimpulan

 

Dengan performa yang terbilang bagus, keyboard yang nyaman, daya baterai yang lebih lama dan kualitas speaker yang bagus, Lenovo ThinkPad Edge E430 sangat cocok untuk Anda pekerja mobile. Kelemahan lainnya adalah layar notebook ini, lebih redup dari rata-rata. Namun secara keseluruhan, Lenovo ThinkPad Edge E430 adalah pilihan yang cocok untuk berbisnis.

Keunggulan:
- Keyboard nyaman
- Kualitas audio yang bagus
- Daya tahan baterai
- Penggunakan yang mudah pada  fingerprint reader

Kelemahan :
- Kualitas layar kurang bagus pada sudut tertentu

Spesifikasi:
Dimensi: 13.3 x 9.6 x 1.1 ~ 1.4 inci; Weight: 4.6 pounds; CPU: 2.5-GHz Intel Core i5-2450M; OS: MS Windows 7 Professional (64-bit); RAM : 4GB (RAM Upgradable to  8GB); Hard Drive: 500GB, 7,200rpm (SATA Hard Drive); Ukuran Layar:  14 Inchi; resolusi 1366x768 piksel; Optical Drive: DVDRW, Optical Drive Speed  8X; Graphics Card : Intel HD Graphics 3000, Video Memory Shared; Koneksi : Wi-Fi  802.11a/b/g/n (Wi-Fi Model Intel Centrino Wireless-N 2230), Bluetooth  4.0+HS, Mobile Broadband; Touchpad Size, Ports (excluding USB)  5.1 audio; HDMI; RJ-45; USB; USB 3.0; VGA, USB Ports : 5; Card Slots  4-1 card reader; Garansi: 1-Year Depot/Express Warranty. Harga: Rp 6.819.000

(@ilham_putranto)

]]>

View the original article here

Terkait

Description: Review: Lenovo ThinkPad Edge E430, Laptop Kece Performa Oke Rating: 4.5 Reviewer: Blogger ItemReviewed: Review: Lenovo ThinkPad Edge E430, Laptop Kece Performa Oke
Al
Mbah Qopet Updated at: 7:44 PM

0 comments:

Post a Comment