Thursday, December 13, 2012

Review: Samsung Ch@t 357 aka GT S3570, Feature Phone, Andalkan Chat On

Samsung Chat 357 Samsung Chat 357

Selain seri “champ”, Samsung juga teruskan generasi “Chat” terbarunya. Kali ini dengan kode nama GT S3570. Andalkan fitur Chat On, Chat 357 masih terbilang mirip dengan pendahulunya yaitu Samsung Ch@t 335  (S3353). Apa fitur lainnya?

DESAIN

Dimensi: 111.9 x 60.4 x 11.5 mm (4.41 x 2.38 x 0.45 in); Berat: 95.5 g (3.35 oz)
Sebagai generasi seri chat, Samsung Chat 357 pynya desain yang mirip dengan pendahulunya Samsung S3353. Hal ini Nampak pada desain,  layar hingga lekukan sikunya yang dibuat membulat. Menggunakan material plastik glossy pada keseluruhan body membuatnya rentan slip saat digenggam.

Samsung Chat 357 Body 1

Samsung Chat 357 Body 5

Samsung Chat 357 Body 7

Menggunakan ukuran layar yang sama dengan pendahulunya, ch@t 357 juga membagi area depan dengan qwerty keyboard. Tapi agar tidak terlihar mirip dengan pendahulunya, Samsung memasang bentuk keypad QWERTY yang beda dengan pendahulunya. Di Chat 357 ini meletakkan tombol tutsnya dengan jarak yang agak jau, ini akan mengurangi kesalahan pada saat pengetikan. Seperti pada tombol qwerty biasanya, Ia Samsung juga memasang beberapa tombol dwifungsi seperti misalnya tombol pengunci sekaligus kamera dan  tombol contact sekaligus web.

Samsung Chat 357 Body 2

Samsung Chat 357 Body 3

Samsung Chat 357 Body 4

Samsung Chat 357 Body 6

Selain tombol QWERTY, pada bagian depan juga terdapat tombol trackpad yang diapit oleh tombol home, back, message, ChatOn, call dan Disconnect.

Samsung Chat 357 Home

Samsung Chat 357 Menu

Hardware lainnya, Samsung menempatkan port microUSB Pada bagian atas ponsel yang dilindungi oleh flip plastik dan port 3.5 mm  audio . Sedangkan pada bagian sisi kiri terdapat tombol volume.

Ch@t On

Tombol chat; Facebook, Twitter, Communities, Chat On, IM
Mengandalkan kemampuan chating, Samsung ch@t 357 mempermudahnya dengan klik tombol fungsi Chat di bagian depan. Tombol ini akan mengantarkan anda pada fitur  Chat On yang merupakan layanan chat  cross platform yang saat ini sudah tersedia untuk Samsung Feature, platform Bada , Android, iOS, dan BlackBerry).

Dengan menggunakan nomor telpon da kode area Negara sebagai ID setiap pengguna. Anda siap untuk Chatting  pada siapa saja yang menggunakan aplikasi ini.

 

Samsung Chat 357 CHATON

Samsung Chat 357 CHATON2

Untuk pertama kali menggunakannya Anda harus masukkan nomor telepon dan kode area negara, untuk kemudian Anda akan menerima balasan SMS 4 digit angka notifikasi untuk menaktifkan Chat On.

Masukkan kode notifikasi tersebut saat log on, dan Anda akan masuk ke halaman utama. Di Chat On, Anda dapat bertukar pesan dengan group dan perorangan. Mengirim gambar, emoticon, maupun teks panjang.

Samsung Chat 357 Facebook 2

Box Kata 11 12 2012 4

Samsung Chat 357 Facebook 1

Selain Chat On Samsung ch@t 357 juga nemambahkan beberapa aplikasi untuk kebutuhan bersocial media seperti Facebook, Twitter dan communities. Dengan begitu pengguna akan lebih mudah mengakses akun jejaring sosialnya.

INTERNET DAN KONEKSI

Browsing:  WAP 2.0/xHTML, HTML; Data: GPRS/ EDGE; Koneksi: WLAN / WiFi 802.11b/g, Bluetooth  v3.0 with A2DP, microUSB v2.0;
Untuk berinernet, Ch@t 357 dilengkapi dengan browser yang mampu menampilkan baik web desktop ataupun web mobile. Dilengkapi dengan koneksi wifi membegikan kemampuan ponsel ini untuk dapat mengakses daerat hospot didekatnya.

 

Samsung Chat 357 Wifi 1

Samsung Chat 357 Wifi

Sayangnya Ch@t357 hanya dilengkapi koneksi jalur EDGE saja untuk jaringan datanya. Saat kami coba untuk membuka web Facebook dan www.itoday.co.id dengan menggunakan  IM3, ternyata  Anda harus melakukan setting manual  GPRS terlebih dahulu ( APN dan lain-lain).

Samsung Chat 357 Browser

Samsung Chat 357 Browser 1

Samsung Chat 357 Browser 2

Namuan meski belum 3G, kinerja browsernya cuukup cepat untuk membuka halaman utama web.

KAMERA

Kamera: 2 MP (1600x1200 pixels), support video; Video player: MP4/H.264 player
Sebagai feature phone, kemampuan fotografinya tergolong standart. kualitas kamera yang dimilikinya tidak terlalu wah.

 

Samsung Chat 357 KAMERA 1

Karena saat dilakukan pengambilan indoor, masih terlihat berbintik dan berkabut. Sedikit berbeda jika Anda menjepret di luar ruangan yang terlihat lebih cerah dan tajam. Bahkan detail objek-objek yang kecil pun dapat tertangkap dengan baik.

Samsung Chat 357 Photo Editor

Samsung Chat 357 Photo Editor 1

Uniknya, terdapat image editor  untuk memaksimalkan foto. Beragam setingan di dalamnya Antara lain Effect, Adjust, Resize, Rotate, Flip, Insert (frame, emoticon, text, clip art, image).  Hasil foto yang telah diedit, dapat langsung Anda share via Bluetooth, message dan Email.

Samsung Chat 357 Kamera Indoor

Samsung Chat 357 Kamera Outdoor

AUDIO

Audio player: MP3/eAAC+ player; FM Radio with Recorder
Untuk kualitas audionya, Cha@t 357 dilengkapi dengan lubang speaker dengan tonjolan sekitar 1mm pada casingnya.   Ini berfungsi agar suara tetap keluar dari lubang speaker, meskipun ponsel diletakkan terlentang.

 

Samsung Chat 357 Musik Player

Samsung Chat 357 Musik Player 4

Masuk ke pemutar audio, Anda akan menemukan beragam settingan di antaranya adalah Equalizer, dan Sound Effect 5.1 Channel. Namun fitur ini akan berjalan saat  ponsel tersambung dengan headset .

Selain itu terdapat fitur Music Auto yang membantu Anda untuk membatasi waktu memutar musik. Fitur ini cocok bagi Anda yang sering memanfaatkan musik sebagai pengantar tidur.  

KELEBIHAN

 

• Banyak fitur chat dan jejaring sosial
• Koneksi WiFi
• Harga murah

KEKURANGAN

• Kualitas kamera masih berbintik (indoor)
• Tidak 3G

KESIMPULAN

Harga murah, kemampuan social media dan fitur chatting yang mumpuni akan membuat pengguna kepincut. Bagi Anda yang ingin ponsel murah dan tidak mau ribet dengan penggunaan mungkin ponsel ini jadi pilihan. Ch@t 357 juga bisa dibilang merupakan ponsel alternative dari seri Champ yang juga dibandrol dengan harga murah. Dengan dilengkapi dengan qwerty keyboard mungkin ini bisa jadi pilihan buat Anda yang kurang menyukai layar touchscreen yang disediakan pada seri Champ.  (Nariswari/@ilham_putranto)

{ponsel}3328{/ponsel}

]]>

View the original article here

Terkait

Description: Review: Samsung Ch@t 357 aka GT S3570, Feature Phone, Andalkan Chat On Rating: 4.5 Reviewer: Blogger ItemReviewed: Review: Samsung Ch@t 357 aka GT S3570, Feature Phone, Andalkan Chat On
Al
Mbah Qopet Updated at: 5:11 AM

0 comments:

Post a Comment