Thursday, December 13, 2012

Review: Samsung Champ Neo Duos C3262, SIM Card Ganda, Integrasi Sosial media

Samsung Neo Champ Samsung Neo Champ Duos

Jago di Smartphone Android, tidak berarti Samsung  lupakan segmen entry level.  Seperti pada Samsung Champ Neo Duos C3262, sebuah feature phone siap akomodasi kelas bawah, dengan integrasi sosial media dan SIM Card Ganda. Bagaimana kemampuannya?

BODI MUNGIL

Dimensi: 96.9 x 54.3 x 13.5 mm (3.81 x 2.14 x 0.53 in);touchscreen; material plastik; port audio jack 3.5mm; tombol power/lock; lubang mic, port microUSB; 3 tombol fungsi (call, back dan disconnect)
Berdimensi mungil Samsung Champ Neo Duos C3262 cukup nyaman digenggam. Apalagi untuk wanita dengan ukuran jari yang kecil. Mungkin seukuran sabun mandi batangan yang bisa Anda genggam kemanapun dengan nyaman.

Samsung Neo Champ Body 1

Samsung Neo Champ Body 7

Samsung Neo Champ Body 11

Didesain dengan gaya yang minimalis dan simple, Champ Neo Duos dibentuk dengan bahan material plastik sehingga bobotnya menjadi ringan. Penggunaan lapisan casing glossy memang agak beresiko slip saat digenggam. Tapi dengan ukurannya yang kecil pengguna pasti mampu menggamnya dengan kuat, apalagi keempat sudut yang dibuat membulat.

Samsung Neo Champ Body 2

Samsung Neo Champ Body 3

Samsung Neo Champ Body 4

Samsung Neo Champ Body 5

Samsung Neo Champ Body 6

Samsung Neo Champ Body 8

Samsung Neo Champ Body 9

Samsung Neo Champ Body 10

Pada bagian depan, Champ Neo Duos dipasang layar sentuh, dengan lubang speaker dan lubang mic. Bawahnya memuat 3 tombol fungsi (call, back dan disconnect).  Masuk dikelas lor end ketiga tombol tidak menggunakan sensitive touchkey, akan tetapi tombol biasa yang operasionalitasnya sedikit ditekan.

Mengintip kebagian atas, terdapat slot stylus, port microUSB, dan port 3.5mm audio. Sedangkan tombol pengunci/off serta tombol volume berada di kanan dan kiri ponsel.

LAYAR 2.4 INCHI

Layar:  TFT touchscreen, 256K colors; 240 x 320 pixels, 2.4 inches (~167 ppi pixel density); multitouch;
Ukurabnnya yang kecil memaksakan layarpun ikut sempit  hanya 2.4 inchi, terbilang kurang nyaman dipakai orang dewasa atau orang tua. Terlebih menggunakan fungsi layar sentuh dengan ikon yang dibuah kecil-kecil.

 

Samsung Neo Champ LOCKED SCREEN

Samsung Neo Champ HOMESCREEN

Meski kecil, namun samsung memasang kerapatan piksel pada layar yang lebih baik jika pada seri Champ sebelumnya. hal ini pastinya akan berpengaruh pada kualitas kecerahan layar Champ Neo Duos C3262 yang lebih cerah.

Samsung Neo Champ HALAMAN MENU

Penggunaan layar resistif membuat ketidaknyamanan saat membuka beragam halaman dan menu dengan sentuhan jari, dan sebagai peringatan begi yang memiliki jari besar pastinya akan kesulitan saat bernavigasi. Oleh karenanya Samsung menambahkan sebuah stylus untuk membantu Anda dalam meng-input teks atau hanya sekedar bernavigasi. Ukurannya yang kecil memang dapat dioperasikan dengan 1 jari, tapi sayang masih sulit digunakan untuk pengetikan cepat.

Samsung Neo Champ VIRTUAL KEYBOARD

DUAL SIM

Jaringan : 2G Network (GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2); Dual SIM (Mini-SIM, dual stand-by)
Champ Neo Duos dibekali dia Slot SIM Card GSM. Sehingga pengguna dapat memasang dua kartu GSM sekaligus. Slot SIM 1 terletak di bawah batere. Sedangkan slot SIM 2 dan slot MicroSD menganut hotswap, hanya saja Anda harus membuka back casing terlebih dahulu untuk menyisipkannya.

Saat pertama kali mengaktifkan ponsel, akan muncul notifikasi pilihan SIM 1 dan SIM 2. Anda dapat merubah nama SIM, dan fungsionalitas SIM (apakah hanya digunakan untuk mobile data atau call& SMS).

 

Samsung Neo Champ DUAL SIM 1

Samsung Neo Champ DUAL SIM 2

Champ Neo Duos memiliki kemampuan dual SIM dual stand by, Karena saat melakukan panggilan dari SIM 1, SIM 2 masih dapat menerima panggilan masuk , dengan nada panggil aktif, bukan nada sibuk. Anda dapat hold panggilan, untuk menjawab SIM kedua.

LET`S CHAT

Terintegrasi dengan Facebook, ChatOn, Twitter, BT Messanger, YM, IM, Communities (Facebook, Flickr,Photobucket, Picasa, Orkut)
Sebagai ponsel yang mengunggulkan sosial media,  Samsung Champ Neo Duos C3262  didukung sosial media yang terbilang mumpuni. Saat dicoba masuk ke situs jejaring sosial Facebook. Tampilannya versi mobile, akan tetapi lagi-lagi ukuran layar berpengaruh pada kepuasan dalam menikmati tampilan situs.

 

Samsung Neo Champ CHAT ON 1

Samsung Neo Champ CHAT ON 2

Selain fasilitas sosial media , Champ Neo Duos juga dilengkapi kemampuan fitur chat yang terintegrasi dengan  ponsel. Salah satunya adalah ChatOn.  Fitur ChatOn cukup mudah digunakan  Mulai dari proses log in, hingga chat dengan penguna ChatOn berjalan dengan lancar.

Samsung Neo Champ COMMUNITIES

Samsung Neo Champ FACEBOOK 2

INTERNET DAN KONEKSI

GPRS; Browser; WAP 2.0/xHTML, HTML ; Java; Koneksi: Bluetooth v3.0 with A2DP, microUSB v2.0 ; 3.5mm jack
Sayang harganya yang murah, memaksakan Samsung tidak mampu memasang jaringan 3G didalamnya.  Alhasil hanya jaringan GPRS yang mampu ditangkap oleh ponsel mungil ini.

 

Samsung Neo Champ APPLICATIONS

Samsung Neo Champ INTERNET 1

Box Kata 2 10 12 2

Samsung Neo Champ SAMSUNG APPS

Anda juga wajib melakukan setting GPRS terlebih dahulu saat pertama kali ingin terkoneksi ke internet. PULSA menjajal dengan operator IM3 dan AXIS, secara bergantian untuk membuka Google dan Facebook.

Kinerja browsernya cukup baik dalam membuka beragam halaman situs. Sayangnya, tidak tersedia alternatif koneksi WiFi. Perihal transfer data antar perangkat, ponsel ini support Bluetooth v3.0 with  A2DP, microUSB v2.0 dan 3.5mm jack.  

KAMERA DAN VIDEO

Kamera: VGA, 640x480 pixels; Support video player MP4/H.263 player; Video recorder
Samsung Champ Neo Duos C3262 mengalami penurunan dari saudara, Samsung Champ Duos E2652. Samsung Champ Neo Duos C3262 hanya dilengkapi dengan kamera beresolusi VGA padahal Samsung Champ Duos E2652 memiliki kamera 1.3MP (1280x1024 piksel).

 

Samsung Neo Champ KAMERA

Jika penurunan resolusi ini adalah imbas dari penekanan cost produksi, maka berpengaruh pada kualitas kamera yang diemban oleh Champ Neo Duos C3262 yang masih terlihat megecewakan. Baik pengambilan foto indoor dan outdoor, kualitas foto yang dihasilkan masih berbintik-bintik dan berkabut.

Samsung Neo Champ Kamera Indoor

Samsung Neo Champ Kamera Outdoor

SEKTOR AUDIO

MP3/WAV/eAAC+ player, MP3 ringtones, Loudspeaker, 3.5mm audio jack ; FM Radio support FM Record
Di sektor hiburan audio, Champ Neo Duos C3262 dipersenjatai dengan pemutar MP3 denga kualitas yang nyaring dan jernih. Anda dapat melakukan settingan equalizer (jazz, pop, rock hingga classic) untuk memvariasikan suara musik yang sedang diputar.

 

Samsung Neo Champ AUDIO 1

Samsung Neo Champ AUDIO 2

Samsung Neo Champ AUDIO 3

Selain musik player ada juga FM Radio yang juga dilengkapi dengan fungsi perekam.  Anda dapat menyimpan channel favorit hingga 6 channel sekaligus, cukup dengan men-tapped blok-blok channel saat tunning radio favorit sedang diputar.

Samsung Neo Champ FM RADIO

FITUR

Message:  SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM; Organizer (calculator, converter, syncronize, alarm, clock, task, memo) , Opera Mini, Image Editor, Voice Recorder, Mobile Prayer, English Dictionary
Harga murah tidak menyulutkan Samsung untuk menyediakan fitur yang “lebih”. Karena didalamnya tersedia fitur Image Editor yang dapat “memoles” foto di galleri Anda dengan beragam settingan, mulai dari brightness, effect, hingga rotate. Sayangnya, hasil foto tidak dapat langsung dishare ke media sosial, hanya terdapat pilihan undo atau di-save.

Samsung Neo Champ PHOTO EDITOR 1

Samsung Neo Champ PHOTO EDITOR 2

Samsung Neo Champ FITUR KAMUS

Samsung Neo Champ FITUR KAMUS 2

Samsung Neo Champ GAME 2

Samsung Neo Champ GAME 4

Salah satu fitur unik lainya adalah Mobile Prayer yang support untuk 4 agama mayoritas di India yakni Hindu Pranatha, Sikh Gurbani, Islamic Shalat, dan Christian (mengingat market utama penjualan ponsel ini adalah India). Fitur Mobile Prayer adalah sebagai pengingat Anda untuk jadwal sembahyang.

Uniknya, di tiap agama diberikan tone dari doa-doa yang bersangkutan. Saat PULSA menjajal untuk masuk ke setting Mobile Prayer untuk Hindu Pranatha, tone yang disajikan adalah Ghayatri Mantra.

Samsung Neo Champ MOBILE PRAYER

KELEBIHAN
• Desain mungil
• Dual SIM dual stand by
• Banyak fitur chat dan jejaring sosial yang terintegrasi dengan ponsel
• SIM 2 dapat digonta-ganti tanpa mematikan ponsel
• Harga murah

KEKURANGAN
• Kualitas kamera kurang bagus
• Disain licin
• Layar  sempit (2.4 inci)
• Layar masih resistive

KESIMPULAN
Champ Neo Duos memang kurang bagus jika dibandingkan dengan pendahulunya, apalagi dari sisi kemampuan kamera. Namun bagi Anda yang hobi chatting dan social media, Samsung Champ Neo Duos C3262 mampu mengakomodasinya lewat kemampuan fitur chating dan social media yang terintegrasi. Tidak hanya itu Champ Neo Duos juga punya fitur multimedia yang memiliki fitur yang terbilang lengkap. (Nariswari/@ilham_putranto)

Spesifikasi:

{ponsel}3344{/ponsel}

]]>

View the original article here

Terkait

Description: Review: Samsung Champ Neo Duos C3262, SIM Card Ganda, Integrasi Sosial media Rating: 4.5 Reviewer: Blogger ItemReviewed: Review: Samsung Champ Neo Duos C3262, SIM Card Ganda, Integrasi Sosial media
Al
Mbah Qopet Updated at: 5:07 AM

0 comments:

Post a Comment