Thursday, December 13, 2012

Review: LG Optimus L9 (P765), The Last L-Series

LG Optimus L9

LG melengkapi smartphone L-Series terakhirnya  di tahun 2012 dengan L9.  Tampil lebih baik dari L-series sebelumnya, L9 masuk dikelas premium. Lalu, sebagus apakah smartphone ini?

Yuk, ngobrolin soal LG Optimus L9 di Android Indonesia !

Desain

Dimensi: 131.9 x 68.2 x 9.1 mm; 125 gram; full touchscreen;
Masuk dikelas atas L9 tampil sangat mahal karena menggunakan aksen logam dibagian sisi ponsel yang mengelilingi bodi yang  mengesankan mewah meski menggunakan material plastik.

LG Optimus L9 Body 1

LG Optimus L9 Body 7


Mempertahankan ciri khas desain, L-Series, L9 dibentuk dengan kotak tegas yang membuatnya nampak elegan. Didepan Lg memasang tombol fisik home yang diapit dengan 2 buah tombol kapasitif back dan menu, komposisi tombol di bawah layar ponsel ini juga sama dengan L7 dan L5.

LG Optimus L9 Body 2

LG Optimus L9 Body 3

LG Optimus L9 Body 4

LG Optimus L9 Body 5

LG Optimus L9 Body 6

LG Optimus L9 Body 8

Serta tidak lupa casing belakang bertekstur kasar membuatnya terasa nyaman digenggaman. Dibagian atas terdapat port audio jack 3.5mm, disamping kanan terdapat tombol power/lock, dibagian bawah terdapat lubang mic dan port microUSB, Sedangkan di sisi kiri terdapat volume rocker

Display

Layar sentuh IPS LCD kapasitif, 16 juta warna, 540 x 960 piksel, 4.7 inches (~234 ppi pixel density), multi touch
L9 memiliki layar yang terluas dari semua seri L yang telah diluncurkan oleh LG. Dengan resolusi qHD pada layar seluas ini, L9 memiliki tingkat kerapatan piksel sangat baik sehingga mampu menampilkan gambar yang tajam.

 

LG Optimus L9 Display 1

LG Optimus L9 Display 2

LG Optimus L9 Display 3

LG Optimus L9 Display 4

LG Optimus L9 Display 5

LG Optimus L9 Display 6

LG Optimus L9 Display 7

LG Optimus L9 Display 8

Tidak hanya itu L9 juga memiliki kecerahan yang baik dengan viewing angle yang cukup luas dari sudut manapun. Sayangnya tingkat kecerahan layar (brigtness) tidak dapat disesuaikan secara otomatis, sehingga pengguna harus menyesuaikannya secara manual.

OS dan UI

Android OS, 4.0.4 (Ice Cream Sandwich); Optimus UI
Sebagai seri L terakhir, sayang L9 tidak menggunakan OS Android yang terbaru yaitu Jellybean. Akan tetapi Ia menggunakan Android Ice Cream Sandwich yang dihiasi dengan interface  Optimus UI.

 

LG Optimus L9 OS

Secara default, homescreen menampilkan 7 buah panel dengan 3 diantaranya telah dihiasi widget dan shortcut standar, seperti weather , search, kamera, browser dan sebagainya.

LG Optimus L9 UI Lockscreen

LG Optimus L9 UI Lockscreen 1

LG Optimus L9 UI Home 1

LG Optimus L9 UI Home 2

LG Optimus L9 UI Home 3

Pada notification tray tersedia quick setting yang dapat dipersonalisasi sesuai kebutuhan. Terdapat 11 pilihan quick setting yang bisa ditampilkan, termasuk diantaranya Wifi, Bluetooth, Data enabled, GPS dan lainnya.

LG Optimus L9 UI Menu 1

LG Optimus L9 UI Menu 2

LG Optimus L9 UI Menu 3

Quick setting mampu menampilkan 5 buah ikon dalam satu baris, sehingga ketika pengguna mengaktifkan lebih dari 5 pilihan, pengguna harus mengesernya ke samping untuk mengakses pilihan lain.

Hardware

Prosesor Dual-core 1 GHz Cortex-A9, TI OMAP 4430 chipset, PowerVR SGX540 GPU, RAM: 1 GB, Internal Storage: 4GB, external: microSD hingga 32GB, baterai 2150 mAh SiO+
Tak seperti pendahulunya, L7 yang dibekali prosesor berinti tunggal (single core) dengan RAM sebesar 512MB. L9 hadir dengan performa yang lebih gahar berkat dukungan prosesor inti ganda (dual core) dengan RAM 1GB.

 

LG Optimus L9 Hardware 1

LG Optimus L9 Hardware 2

Ruang penyimpanan dengan kapasitas 4GB, yang setengahnya telah digunakan untuk sistem. Sehingga pengguna hanya dapat memanfaatkan sekitar 2.3GB untuk menyimpan data seperti foto, video, musik, aplikasi dan sebagainya.

LG Optimus L9 Hardware 3

LG Optimus L9 Hardware 4

LG Optimus L9 Hardware 6

LG Optimus L9 Hardware 7

Jika kurang pengguna tentu dapat mengekspansi ruang penyimpanan dengan menambahkan kartu memori.

Yang baru dari LG adalah pengaplikasian teknologi SiO+ pada baterai ponsel ini.  Teknologi ini diklaim mampu membuat baterai lebih tahan lama dan menampung lebih banyak daya pada ukuran bodi baterai yang lebih tipis.

Aplikasi dan Fitur Khusus

Quick Translator, My Style Keypad, QMemo
Dari sektor software, setidaknya ada 3 fitur menarik pada L9. Yang pertama adalah Quick Translator. Aplikasi ini akan membantu pengguna menerjemahkan tulisan berbahasa asing hanya dengan mengarahkan lensa kamera ke arah tulisan.
Quick Translator dapat mengenali hingga 44 bahasa asing dan dapat menerjemahkannya ke 64 bahasa.

 

LG Optimus L9 Aplikasi Dan Fitur Khusus 1

LG Optimus L9 Aplikasi Dan Fitur Khusus 2

LG Optimus L9 Aplikasi Dan Fitur Khusus 3

LG Optimus L9 Aplikasi Dan Fitur Khusus 4

LG Optimus L9 Aplikasi Dan Fitur Khusus 5

L9 juga memiliki fitur My Style Keypad yang memudahkan pengguna untuk memilih tampilan keyboard virtual demi mendapatkan kenyamanan ketika mengetik baik menggunakan satu ataupun dua tangan.

LG Optimus L9 Aplikasi Dan Fitur Khusus 6

LG Optimus L9 Aplikasi Dan Fitur Khusus 7

LG Optimus L9 Aplikasi Dan Fitur Khusus 9

Yang terakhir adalah QMemo yang memungkinkan pengguna membuat catatan menggunakan tulisan tangan di atas tampilan layar ponsel atau di atas tampilan polos.

LG Optimus L9 Aplikasi Dan Fitur Khusus 10

LG Optimus L9 Aplikasi Dan Fitur Khusus 13

Konektifitas dan Browser

GSM 850/900/1800/1900; HSDPA 900 / 2100; GPRS Class 12 (4+1/3+2/2+3/1+4 slots), 32 - 48 kbps; EDGE Class 12; HSPA+21 - HSUPA 5.8 / HSDPA 21; Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot, DLNA; Bluetooth v3.0 with A2DP, EDR; microUSB v2.0; HTML5 browser, Adobe Flash
L9 punya pilihan konektifitas yang terbilang lengkap dan berkecepatan tinggi. Sayang kapabilitas NFC masih belum dimilikinya. Padahal koneksi ini umumnya tersedia pada smartphone hi-end.

 

LG Optimus L9 Konektivitas 1

LG Optimus L9 Konektivitas 2

LG Optimus L9 Konektivitas 3

Browser bawaannya  LG  melakukan modifikasi dari browser bawaan Android ICS, karena didalamnya tersedia  fitur “motion zoom” dimana pengguna dapat memperbesar (zoom in) tampilan halaman web hanya dengan menahan sebuah ikon yang terletak di bagian bawah layar kemudian memiringkan ponsel ke depan atau sebaliknya, ke belakang untuk memperkecil (zoom out).

LG Optimus L9 Browser 1

LG Optimus L9 Browser 2

LG Optimus L9 Browser 4

LG Optimus L9 Browser 5

Kamera

5 MP, 2592 x 1944 piksel, autofocus, LED flash; Geo-tagging, touch focus, face detection; Perekam video 1080p@30fps; kamera sekunder VGA
Dengan resolusi dan fitur kamera yang dimilikinya terbilang istimewa dengan menghadirkan sejumlah fitur menarik.
Diantaranya, pengguna dapat mengaktifkan fitur Cheese shutter yang membuat pengguna dapat memotret hanya dengan melalui perintah suara seperti Cheese, LG, Kimchi, Smile atau Whisky.

 

LG Optimus L9 Kamera 1

LG Optimus L9 Col Effct

LG Optimus L9 Cheese Shutter

LG Optimus L9 Panorama

LG Optimus L9 Res

LG Optimus L9 Scn Mod

LG Optimus L9 Setting1

LG Optimus L9 Setting2

LG Optimus L9 Setting3

LG Optimus L9 Shot Mode

LG Optimus L9 Video Kamera

LG Optimus L9 Vidres


Saat PULSA mencoba menggunakan kata yang berbunyi mirip dengan yang disarankan seperti misalnya wiki, gucci, kiss dan berhasil mengaktifkan shutter. Diluar pengaturan standar, tersedia pula 4 pilihan scene mode, 4 color effect serta mode pengambilan Panorama dan Continuous Shot.

Hasil Kamera

Kamera Indoor L9

Kamera Outdoor L9

Benchmark

Aplikasi yang digunakan: Quadrant Standard Edition oleh Aurora Softwork dan Antutu Benchmark v2.9.4 oleh Antutu
Diuji menggunakan aplikasi Antutu, L9 mencetak skor, 5705, menempatkannya di antara LG Optimus 2X dan Galaxy SII yang keduanya juga memiliki spesifikasi serupa.

 

LG Optimus L9 Benchmark Antutu

Sedang aplikasi Quadrant menunjukkan angka 3330 yang membuatnya lebih baik dari Motorola Atrix 4G dalam bagan yang tersaji.

LG Optimus L9 Benchmark Quadrant

 

Kelebihan
• Desain Berkelas
• Android OS, v4.0.4 (Ice Cream Sandwich)
• QTranslator, My Style Keypad, QMemo
• Cheese shutter

Kekurangan
• Kamera sekunder sebatas VGA
• Tanpa auto brightness

Kesimpulan
L9 menjadi ponsel L-series yang terbaik dari pendahulunya. Mulai dari desain sampai fitur dan kualitas fiturnya. Tak hanya cantik diluar, L9 juga dilengkapi dengan sejumlah fitur dan aplikasi menarik. Oleh karenanya L9 bisa menjadi alternatif yang pas jika Anda mendambakan superphone, LG Optimus, G namun memiliki budget sekitar setengahnya saja. (@yuanzroc/@ilham_putranto)

 

{ponsel}3343{/ponsel}

]]>

View the original article here

Terkait

Description: Review: LG Optimus L9 (P765), The Last L-Series Rating: 4.5 Reviewer: Blogger ItemReviewed: Review: LG Optimus L9 (P765), The Last L-Series
Al
Mbah Qopet Updated at: 5:20 AM

0 comments:

Post a Comment